SUNGAPAN : PERWAKILAN PEMALANG DALAM LOMBA PHBS TINGKAT PROVINSI

Desa Sungapan telah mengukir sejarah baru dengan menduduki peringkat pertama pada lomba PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di tingkat Kabupaten Pemalang. (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. Setelah berhasil menduduki peringkat pertama ditingkat kabupaten, Sungapan didaulat menjadi perwakilan Pemalang untuk lomba PHBS di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pada hari Kamis, 3 Agustus 2017 di Balai Desa Sungapan dilakukan pengarahan lomba PHBS yang dihadiri langsung oleh Ibu Bupati Pemalang dan beberapa jajaran Dinas Kesehatan.

PHBS meliputi 20 indikator diantaranya adalah pertolongan persalinan dengan tenaga kesehatan, memeriksakan kehamilan, memberikan ASI Eksklusif, menimbang balita, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan 15 indikator lainnya. Desa Sungapan telah menerapkan PHBS ini semenjak tahun yang lalu. Keseriusan Desa Sungapan menerapkan PHBS ini dibuktikan dengan adanya pelatihan kader PHBS pada tahun 2016, pemberian penghargaan bagi ibu yang memberikan ASI ekslusif, serta penerbitan 15 SK Kepala Desa yang mencakup indikator PHBS dan segala persiapan di semua aspek yang sangat matang.

Atmosfer penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat juga sudah terlihat di Desa Sungapan seperti kebersihan rumah dan jalan, tersedianya tempat sampah, jendela rumah yang dibuka setiap hari, tidak merokok di dalam rumah dan sebagainya. Adanya perilaku bersih dapat membangun masyarakat yang sehat. Hal inilah yang dilakukan oleh Desa Sungapan. Dengan majunya Desa Sungapan di tingkat provinsi, seluruh masyarakat berharap Sungapan dapat menjadi perwakilan Jawa Tengah di ajang nasional. Predikat tersebut bukan semata-mata penghargaan namun bagaimana menciptakan lingkungan yang bersih agar tercipta masyarakat yang sehat.

Pengarahan Lomba PHBS di Balai Desa Sungapan
Pengarahan Lomba PHBS di Balai Desa Sungapan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *