BUMDES DESA SUNGAPAN : WISATA BENDUNG SUNGAPAN (WBS)

logo ss20170811_162911BUMDes merupakan badan usaha yang sebagai besar modalnya dimiliki oleh desa. BUMDes sendiri menjadi tulang punggung perekonomian pemerintahan desa guna mencapai peningkatan kesejahteraan warga. Usaha yang dikelola oleh desa disebut dengan BUMDes.
Sungapan adalah desa di kecamatan Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini terletak sekitar 4 Km ke arah tenggara dari Kantor Kec Pml. Menurut kamus bahasa Indonesia, kata “Sungapan” artinya adalah tempat bertemunya sungai-sungai. Seperti yang ada, memang Desa Sungapan dikelilingi oleh Sungai yang mengalir yang dimanfaatkan dengan baik. Pemanfaatan mulai dari kebutuhan primer seperti mandi, mencuci atau sekedar bermain. Desa sungapan dengan sungainya memiliki potensi yang lebih dari itu yakni bidang pariwisatanya, oleh karennya BUMDes Desa Sungapan tidak jauh dari sungai yakni Wisata bendung sungapan atau disingkat dengan WBS.
Menurut kepala desa, wacana pembentukan BUMDes di desa sungapan ini ketika rapat musyawarah di balai desa pada tanggal 17 april 2017. BUMDes yang diberi nama “Sumber Selamat” ini rencananya akan dibentuk sebagai wisata air dengan dihiasi payung-payung yang berada di sepanjang sungai, aneka tanaman hias dan tumbuhan merambat, serta lampion. Dengan adanya potensi tersebut maka BUMDes ini akan menambah daya tarik Desa Sungapan sehingga banyak pengunjung baik dari pemalang maupun dari luar kabupaten Pemalang.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *